Jurusan Agribisnis : Apakah Punya Masa Depan di Indonesia?

Jurusan Agribisnis : Apakah Punya Masa Depan di Indonesia?

Apakah yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar tentang jurusan Agribisnis? Apakah Anda berpikir mengenai sawah? Atau mungkin Anda berpikir mengenai padi?

Kalau salah satu angan tersebut benar, berarti sebenarnya Anda BELUM KENAL sama kemampuan dari jurusan yang 1 ini.

Indonesia dikenal mempunyai competitive advantage di bidang agraris. Competitive advantage atau keunggulan kompetitif pasti dimiliki oleh suatu Negara. Negara – Negara maju seperti Paman Sam atau Tirai Bambu, boleh jadi memiliki keunggulan di bidang teknologi, nuklir dan tank. Tetapi kita, Negara Indonesia, tidak kalah dan siap untuk menghadapi persaingan ekonomi di bidang komoditas persaingan.

Supaya Indonesia dapat memanfaatkan hasil bumi secara maksimal, tentunya Indonesia membutuhkan sarjana – sarjana dari jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian). Dan Masoem University memiliki jurusan agribisnis di Bandung yang dapat mempersiapkan sarjana untuk mempersiapkan Indonesia “berperang” dengan Negara – Negara maju.

Lagipula dengan menjadi lulusan sarjana dari bidang Agribisnis bukan berarti kamu akan menjadi petani dan menghabiskan sebagian besar waktumu di sawah kok Sobat.

Apa itu Agribisnis?

Lalu, AGRIBISNIS itu apa?

Kata Agribisnis menurut KBBI adalah bisnis berbasis usaha pertanian ataupun bidang lain yang mendukung, apakah itu sektor hulu ataupun mungkin bisnis tersebut bergerak di bidang hilir.

Baca juga : Mari belajar mengenai UKM, UMKM, Bisnis Online dan Start Up di sini!

Jadi perlu kamu catat bahwa sarjana AGRIBISNIS berarti mempersiapkan entrepreneur – entrepreneur muda Indonesia untuk menggerakan usaha komersial di bidang komoditas hasil bumi dan pertanian. Kamu gak hanya sekedar berjualan hasil pertanian tetapi juga perlu memikirkan bagaimana cara memberikan added value kepada hasil pertanian tersebut. Misalnya : (1) Strategi bisnis yang perlu kamu lakukan? (2) Bagaimana cara melakukan packaging dan distribusi yang baik?

Baca juga : Bisnis Model Canvas – 9 Cara Memaksimalkan Keuntungan

Belajar Apa di Jurusan Agribisnis?

Sebagai program studi, Agribisnis memadukan ilmu social hukum, sains dan teknologi karena dia mempelajari mengenai aspek budidaya, pengolahan hasil pertanian, kewirausahaan, distribusi produk dan masih banyak lagi loh!

Tidak hanya belajar mengenai bisnis pertanian dan perkebunan, Jurusan Agribisnis juga belajar mengenai bisnis perikanan, peternakan dan kehutanan loh! Mata kuliahnnya pun sangat beragam, mulai dari pertanian, pemasaran sampai dengan teknologi pangan.

Ada beberapa universitas terkenal di Indonesia yang menyediakan jurusan Agribisnis, yaitu Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran sampai Masoem University di Bandung.

Mengenal Teknologi Pangan

Secara umum, ilmu teknologi pangan mempelajari mengenai segala sesuatu yang mempelajari proses mengolah bahan makanan menjadi siap dikonsumsi. Proses tersebut mulai dari pengawetan, pengemasan, sortasi dan distribusi hasil olahan hingga aman dikonsumsi di tangan konsumen. Fokus utama dari teknologi pangan adalah makanan olahan dalam kemasan. Walaupun demikian kamu akan dapat mempelajari proses lainnya loh!

Nah, apakah Anda berminat untuk mengambil jurusan teknologi pangan di Bandung? Anda dapat mempertimbangkan Masoem University sebagai pilihan Anda. Terletak di kota Bandung tentunya akan memberikan kesan tersendiri selama Anda berkuliah.

Informasi Masoem University

Alamat     : Jalan Raya Cipacing No.22, Jatinangor 45363, Jawa Barat

Telp           : 022 – 7798340

WA            : 08156033022

Leave a Comment