Cerpen Singkat 10 - Jangan Berasumsi

Jangan Berasumsi – Cerpen Singkat Motivasi Diri

Jangan berasumsi – cerpen singkat motivasi diri. Banyak asumsi yang telah mengubah sejarah. Salah satu yang paling terkenal adalah ketika Napoleon Bonaparte, Jenderal Legendari, sedang berperang pada tahun 1800an di Timur Tengah. Ia bermaksud untuk melepaskan 1200 tentara Turki yang waktu itu sedang ditawan oleh Perancis. Saat sedang batuk, Ia mengatakan “Ma sacre toux” yang berarti “batuk yang menggangu”. Hal ini disalahartikan oleh bawahan Napoleon sebagai “Massacrez Tous” yang artinya “bunuh semua”. Akibat asumsi yang saah tersebut, seluruh tawanan tersebut harus mati terbunuh.

Baca juga : Kumpulan Kata Kata Bijak Kehidupan Untuk Motivasi Harimu!

Kesalahan asumsi juga dialami oleh hewan peliharaan kita yaitu anjing dan kucing. Kita seringkali menemukan keduanya bertengkar dan jarang terlihat akur. Perhatikan anjing terlebih dahulu, apabila ia senang ia akan mengibas – ngibaskan ekornya. Hal yang terbalik terjadi pada kucing, ia akan mengibas – ngibaskan ekornya apabila merasa terancam. Tentunya akan terjadi asumsi yang berbeda bukan apabila mereka bertemu?

Bagi sebagian besar orang, perkataan sering dianggap sebagai hal yang kurang begitu penting. Padahal yang kita ucapkan hari ini dapat membekas di hati orang yang menjadi lawan bicara jauh lebih lama daripada saat kita berkomunikasi. Karena itu berhati hatilah menggunakan lidah kita.

Baca juga : Kata Kata Motivasi Belajar Untuk Semua Jenjang Pendidikan

Quotes of the day!

Jangan berasumsi terhadap sesuatu sebelum kita melakukan cross check

Pelajaran hari ini yang bisa kita ambil sebagai bagian dari kata kata bijak motivasi adalah :

  1. Lakukan double check dan cross check untuk memastikan fakta yang disampaikan oleh panca indra kita.
  2. Keseluruhan cerita dari fakta yang kita dapatkan merupakan kunci untuk memahami hal tersebut secara utuh. Karana itu, usahakanlah untuk mendapatkan cerita utuh dari fakta yang telah kita lihat,
  3. Cepat mendengar dan lambat dalam berkata – kata karena semakin banyak perkataan yang diucapkan, semakin besar pula peluang untuk kesalahan.

 

Salam,

Kata Kata Bijak Cinta

 

*Image by wolipop

Leave a Comment